Widget HTML #1

Radio Handy Talky (HT) Murah Yang Lagi Viral Di Dunia Telekomunikasi.

 


        Dengan desain yang ringkas dan portabel, HT (Handy Talky) menawarkan kemudahan penggunaan dan mobilitas yang tinggi. Namun, penggunaan yang tepat memerlukan pemahaman akan protokol komunikasi dan peraturan frekuensi. Selain itu, pemeliharaan rutin perangkat juga penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Radio komunikasi HT memainkan peran penting dalam memfasilitasi koordinasi dan keamanan di berbagai situasi.
        
        Hal yang membuat saya sangat tertarik pada perangkat ini sejak kecil adalah portabel dan kemudahan dalam pengoperasian, dapat digunakan untuk kegiatan hobi, komunikasi instansi maupun komunikasi darurat dan dapat bekerja secara independen tanpa dibutuhkan perangkat tambahan lainnya untuk jarak tertentu.

        Ada begitu banyak produsen yang membuat perangkat sejenis, misalnya Yaesu, Motorola, Icom, Alinco, Kenwood dan lain-lain. Kemudian beberapa pabrikan China seperti Baofeng, TID Radio ataupun Quansheng.
 
Satu tahun terakhir ini ada radio HT yang sangat viral di kalangan para hobi komunikasi yaitu radio HT merk Quanseheng tipe UV-K5, namun demikian tipe ini punya beragam merk yang beredar di pasaran seperti Berlin, Texas dan lain sebagainya.

Seviral apa sih, silahkan cek di youtube begitu banyak video yang membahas tentang radio ini oleh para hobi radio amatir luar dan dalam negeri. Kemudian apa sih yang membuatnya begitu istimewa, silahkan simak penjelasan singkat selanjutnya.
 
 
Quansheng UV-K5
Quansheng UV-K5
 

1. MURAH

Radio HT Quansheng UV-K5 yang memiliki official website qsfj.com ini saya beli di Tokopedia dengan harga Rp. 275.000 belum termasuk ongkir. 

2. SPESIFIKASI KAYA

Dengan harga sekian kita dapat radio dengan kualitas bahan yang bagus, multiband yang dapat bekerja di frekwensi FM Broadcast (Radio siaran FM),VHF, UHF serta Air Band (Komunikasi Pesawat Komersil). 200 memori channel dan lain sebagainya. Dan yang paling menyenangkan adalah sudah didukung dengan pengisian ulang batere dengan koneksi tipe C serta memiliki waktu siaga yang awet.

3. Software dan Hardware Yang Bisa Di Modifikasi

Nah ini yang membuat radio Quansheng UV-K5 jadi istimewa, software (firmware) nya bisa dioprak-oprek sehingga bisa meningkatkan kemampuan standarnya menjadi jauh lebih baik. 

Salah satu fitur yang fenomenal adalah hadirnya menu spectrum analyzer dan bahkan kini tersedia modul khusus untuk bisa lebih jauh lagi meningkatkan kemampuannya seperti lebar band frekwensi yang bertambah luas, fungsi morse, perbaikan kualitas audio, peningkatan daya pancar dan lain sebagainya.

Tersedia cukup banyak file modifikasi (firmware) yang bisa kita coba dan caranya pun sangat mudah untuk gonta-ganti.

Firmware F4HWN 2.7
Quansheng UV-K5 Firmware F4HWN versi 2.7 Milik Saya


Kesimpulan

Jika kamu suka atau bahkan hobi dengerin radio FM, ingin memantau percakapan antara pilot pesawat komersil dengan ATC sekaligus mengasah kemampuan bahasa inggris, atau sering naik gunung, atau memulai memasuki dunia telekomunikasi radio, ini adalah radio alternatif baik yang bisa dimiliki tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Tidak lupa saya sampaikan peringatan bahwa untuk melakukan pemancaran sinyal radio perlu adanya pengetahuan dasar tentang komunikasi radio, dikarenakan setiap penggunaan frekwensi pemancar dianjurkan untuk memiliki ijin atau lisensi.

Post a Comment for "Radio Handy Talky (HT) Murah Yang Lagi Viral Di Dunia Telekomunikasi."